Sabtu, 09 April 2011

perkembangan alam pikiran manusia

          Bagaimana cara kita untuk mengetahui rasa ingin tahu kita kepada Ilmu Pengetahuan Alam 
sebenarnya apa keistimewaan alam kita ya??????????? Ehmmmm... kayaknya kita perlu mengenal dan menjaga alam kita....Maka dari itu kita sebagai manusia berhak menjaga dan merawat alam kita supaya tidak terjadi bencana yg mengakibatkan bumi ini rusak...

           Ilmu pengetahuan alam itu bermula dari rasa ingin tahu seseorang terhadap sesuatu yg berada di sekitarnya yang merupakan suatu ciri khas manusia. Manusia mempunyai rasa ingin tahu tentang benda-benda di alam sekitarnya, bulan bintang, dan matahari yang di pandangnya, bahkan rasa ingin tahu itu muncul untuk mengenali siapa dirinya sendiri.


           Rasa ingin tahu semacam itu tidak dimiliki oleh makhluk lain, bahwa rasa ingin tahu itu tidak dimiliki oleh benda-benda tak hidup seperti contoh batu, tanah, udara, dll.. Air dan udara memang bergerak dari satu tempat lain tidak berbeda arah, Namun gerakannya itu bukan atas kehendaknya sendiri melainkan pengaruh alamiah yang bersifat kekal. Misalnya : Tumbuh - tumbuhan menunjukkan tanda - tanda pertumbuhan atau gerakan, Namun gerakan itu terbatas pada mempertahankan kelestarian hidupnya yang bersifat tetap. Daun - daun yang selalu cenderung untuk mencari sinar matahari untuk proses fotosintesis atau akar - akar yang selalu cenderung mencari air yang kaya mineral untuk proses respirasi untuk kebutuhan hidupnya...Kecenderungan semacam itu nampak berlangsung sepanjang zaman.

            Bagi binatang menunjukkan adanya kehendak berpindah dari satu tempat ke tempat yang lain untuk kelangsungan hidupnya seperti burung, ikan,dll...Binatang tersebut bergerak didorong oleh suatu keinginan sendiri,,Antara lain :
a. Rasa ingin tahu apakah disana ada cukup makanan untuk sendiri atau bersama demi mempertahankan hidupnya..
b. Ingin tahu apakah di suatu tempat cukup aman untuk membuat sarang untuk burung, setelah mengadakan ekplorasi tentu mereka menjadi tahu..Itulah " Pengetahuan " dari burung tersebut.

           Di dunia ini atau alam ini manusia memiliki sifat yang unik dari berbagai individu yang berbeda... dari mulai tingkah lakunya sampai perilakunya pun berbeda tidak ada yang sama... Misal anak kembar, ia pasti memiliki perbedaan dari tingkah lakunya sampai perilakunya walaupun sama mukanya tetapi apa yang ada di diri mereka berbeda..Tetapi ada juga anak kembar yang beda mukanya tidak semua anak kembar wajah sama..
Oleh karena itu Manusia memiliki sifat yang unik..

1. Organ tubuhnya sangat kompleks dan khusus, terutama otaknya sehingga manusia merupakan manusia yang cerdas dan bijaksana berbeda dengan hewan..Adanya kemampuan berusaha dan mencari tahu apa yang ada di pikirannya dan memiliki akal untuk mencapai apa yang dia inginkan..
2. Mengadakan metabolisme / pertukaran zat yakni adanya zat yang masuk dan keluar..
3. Memberikan rangsangan dari dalam dirinya maupun dari luar dirinya..
4. Memiliki potensi untuk memiliki keturunan..
5. Tumbuh dan bergerak..




               
sumber : Yenni Lora, SE, MM
           

               

Tidak ada komentar:

Posting Komentar