Rabu, 26 Desember 2012

AKULTURASI PSIKOLOGIS


Akulturasi adalah suatu proses sosial yang timbul manakala suatu kelompok manusia dengan kebudayaan tertentu dihadapkan dengan unsur dari suatu kebudayaan asing. Kebudayaan asing itu lambat laun diterima dan diolah ke dalam kebudayaannya sendiri tanpa menyebabkan hilangnya unsur kebudayaan kelompok itu sendiri. Atau bisa juga di definisikan sebagai suatu kebudayaan yang berbeda yang berlangsung secara baik dan serasi.
Contoh akulturasi, saat budaya rap dari negara asing digabungkan dengan bahasa Jawa, sehingga menge-rap dengan menggunakan bahasa Jawa.

PENGERTIAN PSIKOLOGIS
Menurut Bilson Simamora
Psikologis merupakan faktor yang berasal dari dalam individu seseorang dan unsur-unsur psikologis ini meliputi motivasi, persepsi, pembelajaran, kepribadian, memori, emosi, kepercayaan, dan sikap.

Menurut Nursalam
Psikologis merupakan hal yang merupakan kepribadian dan kemampuan individu dalam memanfaatkannya menghadapi stress yang disebabkan situasi dan lingkungan.

Jadi menurut saya pengertian Akulturasi Psikologis adalah suatu proses sosial yang timbul manakala suatu kelompok manusia dengan kebudayaan tertentu dan dapat mempengaruhi kepribadian seseorang, motivasi dalam suatu kelompok atau tingkat emosi yang tinggi dalam suatu kelompok.

Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Psikologi
             http://carapedia.com/pengertian_definisi_psikologis_info2055.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar